Hal Hal yang Harus Kamu Lakukan Saat Kuliah di Jurusan IT

print this page Print this page
Ketemu lagi, lama gak posting nih, hmm karena bingung juga mau nulis tutorial apa, saya akan share aja nih tips tips saat kuliah di Jurusan IT, tips ini asli saya ambil dari pengalaman hidup saya waktu kuliah (ciii elah). Jujur saya nulis tips ini pinginnya agar kamu setelah lulus nanti jadi pribadi yang lebih baik dan ahli pada bidang yang selama beberapa tahun ini kamu pelajari, karena banyak juga teman saya yang setelah lulus kuliah malah kerja di luar bidang IT malah ada yang masih nganggur, alesannya simple, karena mereka gak bisa menerapkan apa yang mereka pelajari selama ini , alias lulus cuma dapet ijazahnya doing, ilmunya gak ada. So smarilah kamu simak beberapa tips dari saya:

1. Memilih Teman yang ‘Baik’


Teman adalah salah satu hal yang berpengaruh terhadap kehidupan kuliah kamu, mereka bisa membawa kita kearah yang positif bahkan negatif. Carilah teman yang bisa membawa kamu ke arah positif, gk perlu cantik seperti Emma Stone atau pintar seperti Einstein, yang penting bisa diajak maju sekaligus memotivasi, apalagi kamu adalah seorang pendatang dari luar pulau dan jauh dari orang tua, kan bahaya kalau kamu sampai terjerumus sama yang namanya drugs, dunia malam bahkan Dota 24 jam.  

2. Dekat dengan Dosen


Dekat dengan dosen merupakan hal tabu bagi sebagian mahasiswa, apalagi jika dosennya adalah di cap sebagai dosen killer, tapi sebenernya dosen ini bisa ngasih pengahasilan tambahan buat kamu lho, gak jarang dosen ngasih projek buat mahasiswanya, lumayan dari kamar kos yang isinya Cuma kasur sama meja nambah ada TV, lemari, cermin (true story).

3. Perluas Wawasan

Ilmu IT adalah ilmu yang terus berkembang, mungkin saat ini kamu sedang belajar CI 3, tapi siapa yang tahu minggu depan CI 4 sudah release, jujur saya mengetahui bootstrap, CI, Laravel, dsb lewat membaca di forum, bukan dari perkuliahaan. Percayalah hal hal seperti itu tidak akan di ajarkan di perkuliahan, karena diperkuliahan hanya akan di ajarkan ‘kulitnya saja’,  karena menurut saya pada ilmu IT, semakin kita banyak tahu, maka akan semakin banyak yang kita tidak tahu.

4. Jadilah orang yang gigih



Kesulitan dalam membuat sebuah program selain di tahap analisis, adalah pada bagian implementasi, tidak jarang kamu menemukan banyak error atau bug, kurang tanda kurawal ( } )  atau titik ( . ) saja bisa membuat programmu error semua, mungkin sudah ribuan kali saya memencet tombol F5 di PC saya saat sedang membuat website.
Sebagai anak IT bug dan error adalah hal yang tidak bisa dipisahkan, saya juga masih merasakan bagaimana pusingnya kalau program tidak jalan, Intinya jangan manja, dunia IT memang tidak mudah, jangan karena program error lantas putus asa, sekarang sudah banyak komunitas dan forum untuk tanya jawab, jika suka bertanya di komunitas grup facebook, jika belum solve ke stackoverflow, tapi harus bisa bahasa inggris dikit jika mau bertanya disana.

5. Kerjakan Apapun yang Kamu Bisa



Manfaatkanlah waktu sebaik mungkin, sebisa mungkin tetaplah produktif. Hal ini adalah yang coba untuk saya terapkan, karena saat saya memasuki semester 3, dosen saya pernah berkata “kerjakan jika kalian mampu, meskipun tidak di bayar sama sekali, karena yang kalian kerjakan itu akan menjadi portofolio kalian kelak saat melamar pekerjaan”.
Yup, saya pun menerapkkan hal tersebut, sering kali saat di akhir semester saya membuatkan Final projek teman-teman sekelas saya, mulai dari membuat website jualan buku, web pribadi, web portal berita , duh sampai kost kostan saya penuh, waktu itu saya hanya diberi rokok satu bungkus atau makan gratis  di warung, tapi pernah juga dibayar 2M alias Makasih Mas hehehe. Ya tapi gak apa apa lah, itung-itung nambah ilmu dan portofolio, meskipun pada akhirnya website yang pernah saya buat kan udah down habis masa aktifnya. Kamfrett!!

6. Dekat Dengan Kakak Angkatan



Deket sama kakak angkatan yang pinter, baik, cantik/tampan, rajin ibadah, nyambung, ketua BEM, duh siapa yang gak kepingin punya kakak angkatan kayak gitu? Tapi stop, saya gak akan bahas kakak angkatan yang seperti itu, tapi saya akan bahas kakak angkatan yang udah sepuh alias gak lulus lulus. Lah kok?? Jangan close tab dulu, karena percaya atau tidak, tipe kakak angkatan yang sepuh gini malah bisa jadi ladang penghasilan kamu, ya kalo ada mahasiswa ngulang di kelas kamu deketin aja, ajak ngobrol , certain tentang kamu dan keahlianmu, skip skip skip akhir semester kamu dapet uang jajan tambahan karena ngerjain final projek mereka ^^ ,lumayan kan? Dari pada lumanyun hehe.  Mahasiswa ngulang atau gak lulus lulus itu bukan berarti mereka bodoh, bisa saja mereka sambil kerja atau sempet cuti karena ngurusin pembangunan Apartemen elite lantai 200 di dubai. Bisa dibilang wawasan mereka yang tentang dunia kerja lebih luas dari kamu yang tiap hari cuma di kost sambil liat skrip, skrip , dan skrip, jadi ya cobalah dekat dengan mereka , barang kali karena kamu berkontribusi dalam meluluskan dia, dia bisa ngasih info loker ke kamu.

Well kayaknya udah cukup panjang ketikan saya ya intinya sih being a humble people, jangan pelit buat bantu temen atau mahasiswa ngulang. Buat kamu yang ngerasa salah ambil jurusan , yang taunya informatika isinya cuma word, excel, install OS doang (sama kayak saya dulu L ), bangkit guys, no turning back! Saya dulu juga lulusan IPS tiba tiba suruh belajar hal macem alpro , koding , dll , jujur shock juga , semester pertama saya harus remidi empat makul supaya bisa lulus, tapi saya tetap mencoba karena pikir saya udah bayar kuliah mahal mahal masa harus keluar ditengah jalan gini. Ok semangat ya, di tunggu Selfie pake toganya.
Bantu share juga ya ^^
Share on Google Plus

About kodekidi

KodeKidi.com Situs Tutorial Pemograman Berbahasa Indonesia
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment